PWPS Organisasi Perempuan Rang Pasisia Diperantauan,Untuk Berkontribusi Demi Kemajuan Pembangunan Pessel

    PWPS Organisasi Perempuan Rang Pasisia Diperantauan,Untuk Berkontribusi Demi  Kemajuan Pembangunan Pessel

    Padang - - Sejarah baru organisasi Perempuan Rang Pasisia yang disingkat dengan PWPS (Perkumpulan Wanita Pesisir Selatan), dimulai ketika Ketua DPW PKPS Sumbar, H Budi Syukur di Hotel Pangeran Beach pada Sabtu (16/9/2023) menanyakan kesediaan sebanyak 30 pengurus yang diketuai Dr Wiwik Marlis Rahman. Segenap pengurus PWPS menjawab dengan mantap bahwa mereka siap dilantik dan bersedia menjalankan tugas sebaik-baiknya.

    Kala itu Ketua Umum DPW PKPS Sumbar, Budi Syukur menyerahkan bendera PWPS kepada Ketua Umum PWPS Wiwik Marlis Rahman, prosesi pelantikan yang diawali dengan pembacaan Surat Keputusan DPW PKPS Sumbar oleh Sekum, Hamdanus. Proses berikutnya penandatanganan kerjasama antara kedua organisasi Rang Pasisia yang telah berbadan hukum tersebut.

    Dengan dilantiknya organisasi PWPS tersebut, Kabupaten Pesisir Selatan dengan kaum wanitanya pantas dibanggakan, Kini memiliki organisasi wanitanya diperantauan. Dengan dilantiknya Pengurus PWPS masa bakti 2023-2028 diharapkan berkontribusi dan berpartisipasi bagi kemajuan pembangunan Pessel di masa mendatang.

    Dalam sambutanya, Ketum DPW PKPS Sumbar menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat kepada pengurus PWPS. "Kami mengucapkan terimakasih kepada Panitia Pelantikan atas segala koordinasi yang diberikan untuk suksesnya acara pelantikan ini. Kami juga ucapkan selamat bertugas untuk pengurus PWPS yang dilantik untuk periode 2023-2028. Terus semangat untuk memajukan PWPS sebagai bakti untuk kampung halaman, " papar Budi Syukur.

    Ia mengatakan wanita itu hebat, tidak ada kesuksesan besar seorang laki-laki tanpa peran dan andilnya seorang wanita di belakangnya. Lebih lanjut Budi Syukur mengatakan, bahwa untuk pengembangan sayap organisasi dipandang sangat perlu rasanya didirikan Perkumpulan Wanita Pesisir Selatan Sumatera Barat. 

    "PWPS ini sebagai wadah untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya wanita Pesisir Selatan yang berada di perantauan dan ini sebuah organisasi yang sangat luar biasa, " ujar S Budi Syukur, SH Dt. Bandaro Jambak.

    Setelah sambutan Ketua Umum DPW PKPS Sumbar selesai, selanjutnya sambutan Ketua Umum PWPS, Wiwik Marli Rahman. Pada kesempatan itu, Wiwik Marlis Rahman yang berprofesi Dosen Unand dengan nama asli Mairiwita mengatakan pelantikan PWPS, yang berlangsung di Hotel Pangeran Beach, Padang mempunyai arti sejarah tersendiri bagi penggerak dan pendiri PWPS, karena alhamdulillah semua berjalan sesuai rencana dan legal sudah organisasi PWPS ini. Karena seperti yang direncanakan selain dihadiri dan dilantik Ketum DPW PKPS Sumbar, juga turut hadir dan memberikan sambutan Ny Harneli Mahyeldi selaku Ketua TP PKK dan BKOW Sumbar.

    Harapanya, dengan dikukuhkan PWPS Sumbar ini, beranggotakan wanita-wanita hebat dan tanggung, mampu memberikan input positif di semua lini demi kemajuan Pesisir Selatan. Ia mengatakan dengan organisasi perempun Pessel ini banyak hal yang bisa diperbuat dan kreasikan. 

    "Untuk itu, kekompakan dan saling bekerjasama satu sama lain agar bisa membangun kampung, dari rantau berbuat untuk ranah. Kalau tidak dari kita, siapa lagi, kalau tidak dari sekarang, kapan lagi. Saya berharap, para pengurus yang dilantik benar-benar memanfaatkan organisasi PWPS ini sebaik-baiknya. Dan saya percaya setiap pengurus telah berkomitmen untuk memajukan organisasi wanita Rang Pasisia ini, sehingga wanita Pessel diperantauan berupaya meningkatkan kapasitas dengan kebersamaan, " ujar Wiwik sembari mengakhiri sambutanya dengan yel-yel PWPS, , , disambut dengan Rancak Bana oleh pengurus lainnya.

    Bersamaan dengan selesainya sambutan Ketua Umum PWPS tersebut disela-sela acara pelantikan yang menampilkan tarian khas Minang selanjutnya didaulat Ny Harneli Mahyeldi memberikan arahan.

    Pada kesempatan itu mengungkapkan rasa gembiranya atas keberadaan PWPS yang bisa menjadi mitra pemerintahan bagi eksekutif dan legislatif serta pihak lainnya.

    "Saya optimis PWPS akan berdampak positif bagi pembunganan Pesisir Selatan kedepanya terutama memberdayakan kaum wanita di Pessel. Oleh karena itu saya menyambut baik dan sungguh merasa bangga dengan eksistensi PWPS nantinya, " pungkas Harneli yang juga menyumbangkan suara emasnya karena kegembiraanya pada acara pelantikan PWPS ini.

    Turut hadir selain jajaran pengurus PKPS lainnya, seperti Africal Cai, Bendahara, juga hadir anggota DPRD Sumbar, Imran Adenansi SH, MH, dan tokoh masyarakat Pessel di Kota Padang lainnya, seperti Yasmardi, SH dan Ketua DPD PKPS Agam dan Kota Padang.

    *Sejarah Singkat PWPS*
    Selama ini, komunitas wanita Pesisir Selatan itu bergabung dalam Whatshapp Grup, kemudian pada suatu hari diprakasai dua wanita yang begitu gigih yakni Etnaleli, S.Sos dan Nurmidalmi SE melaksankan pertemuan di kediaman Nurmidal di Jalan Belanti Raya No 11. Saat pertemuan berlangsung kebersamaan semakin akrab, pada hal saat itu pertemuan baru kali pertama tanggal 11 Agustus 2023, namun keakraban begitu mengalir rasa kebersamaan yang begitu dalam dengan rasa sekampung.

    Saat itu pertemuan langsung membentuk kepengurusan dan bidang-bidang yang diperlukan, dimana sebelum pertemuan sudah mengkonfirmasikan kesedian Dr Wiwik Marlis Rahman yang akan memimpin organisasi ini. 

    Selanjutnya dalam mewujudkan cita-cita luhur itu mendapat dukungan penuh oleh Ketua DPW PKPS Sumbar H. Budi Syukur, yang diawal kegiatanya dengan kegiatan senam pagi di Tugu Merpati Muaro Lasak dan berlanjut dengan kegiatan arisan perdana di rumah Nurmidalmi, sekaligus momentum itu digunakan untuk menampung ide-ide oleh anggota PWPS, sembari sepakat untuk melaksanakan kegiatan senam setiap akhir pekan di Tugu Merpati Muaro Lasak.

    Tak berselang begitu lama, disepakati untuk Dr Wiwik Marlis Rahman memimpin PWPS periode pertama dan  dirancang untuk kegiatan pelantikan, dimana saaf finalisasi kepanitiaan dipimpin langsung oleh ketua terpilih Wiwik Marlis Rahman pada, Selasa (12/9). Untuk memberikan dukungan kegiatan pelantikan, PWPS menggencarkan audiensi pertama kali ke Ibu Gubernur Sumbar, kepada Kepala Dinas yang berasal dari Pesisir Selatan, seperti Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Sumbars serta kepada Sekwan DPRD Sumbar. (Agusmardi)


    *Susunan Kepengurusan PWPS Periode 2023-2028*

    I.  Dewan Pembina   : Bupati Pesisir Selatan

    II. Dewan Penasehat         : Ketua DPW PKPS SumbaR
                       : Hj Nevi Zuraina IP
                       : Hj Wartawati NA
                        : Dr Hj Evi Hasnita, SPd, NS, M. Kes

    III. Dewan Pengurus
    Ketua Umum                  :  Dr. Wiwik Marlis Rahman MSi
    Sekretaris Umum          :  Etnaleli, S.Sos, MM
    Bendahara Umum          :  Nurmidalmi, SE

    IV.  Bidang-bidang
    1.  Bidang Organisasi
    Ketua               :  Hj Missdaliasatrita 
    Sekretaris           :  Hj Lita Prihatini, SE
    Anggota              :  Hj Nurmalena SE
                :  Sri Wahyuni 

    2.  Bidang Hukum dan HAM
    Ketua      :  Noviar Kadir, SPi
    Sekretaris   :  Eva Gustila, SH
    Anggota    :  Hj Nurita Budi Syukur 

    3.  Bidang Sosial Masyarakat
    Ketua                  :  Heldawany SE
    Sekretaris    :  Marni Yeni, SPd. 
    Anggota    :  Alma Fiitri Susanti 
                :  Afrimadona
                :  Rina Deswita

    4.  Bidang Penjaringan Keanggotaan DPD  Kabupaten/Kota
    Ketua                  :  Yofi Yori, SE, MS.
    Sekretaris   :  Nurhayati 
    Anggota          :  Devi Varini   
               :  Hidayenti
      
    5. Bidang Penyuluhan dan Pendidikan
    Ketua     :   Dra.Rosmaneli, MPd
    Sekretaris   :   Ema Rahim 
    Anggota          :   Arni, SPd. 

    6. Bidang Bundo Kanduang
    Ketua     :   Yulia Fauziah 
    Sekretaris   :   Nurmalena  
    Anggota           :   Karlina Susanti 

    7.  Bidang   Ekonomi dan UMKM
    Ketua     :   Dra.Monalisa MPd. 
    Sekretaris   :   Dra.Drita Yani MM
    Anggota          :   Dra Lili Voni 

    8. Bidang Komunikasi  Informasi dan Seni Budaya
    Ketua            :   Yusmaneli, SPd
    Sekretaris   :   Desni Exrriyenti 
    Anggota    :   Soldwati 
                :   Marlina, AMd

    Adi Kampai

    Adi Kampai

    Artikel Sebelumnya

    Mengenal Lebih Dekat Drs.H.Syafrizal Ucok.MM...

    Artikel Berikutnya

    Peduli Talenta Unggulan Sumbar,48 Guru Ikut...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Tony Rosyid: Ikut Pilgub Jakarta, Anies Disambut Antusias Para Pendukungnya
    Perkuat Sinergitas Dalam Penanganan Kasus Kekerasan, DP3AP2KB Gelar Rakor Lintas Sektoral
    Pemko Payakumbuh Apresiasi SMPN 4 Pada Gelar Wisuda Tahfiz Kedua Kalinya
    MTsN 10 Pesisir Selatan Adakan Acara Perpisahan Kelas 9 Sebanyak 192 Orang, Kepala Madrasah Tidak Hadir
    Luar Biasa, Pemko Bukittinggi Kembali Raih Opini WTP Kesebelas Secara Berturut- Turut